Contoh RPP Kls XII SMK
SEKOLAH :
SMK NEGERI 3 BANTAENG
KELAS / SEMESTER :
XII / GANJIL
MATA PELAJARAN :
ILMU PENGETAHUAN ALAM
ALOKASI WAKTU : 1
X PERTEMUAN ( 2 X 30 MENIT )
STANDAR
KOMPETENSI :
3.
Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam
menjaga keseimbangan lingkungan dan AMDAL
KOMPETENSI DASAR :
3.2.Menjelaskan
konsep keseimbangan lingkungan
A.
INDIKATOR:
1.
Berfikir logis dalam menjelaskan pentingnya menjaga keseimbangan
lingkungan.
2.
Berfikir logis menjelaskan bentuk interaksi antarkomponen
ekosistem dalam menjaga keseimbangan lingkungan
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah selesai
melaksanakan proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Melalui
diskusi kelompok
peserta didik dapat menjelaskan pentingnya menjaga keseimbangan
lingkungan secara logis
2. Melalui diskusi kelompok
peserta didik dapat menjelaskan bentuk interaksi antar komponen dalam menjaga
keseimbangan lingkungan secara logis.
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Keseimbangan Lingkungan
D.
METODE
PEMBELAJARAN
v Model :
Koperatif Learning
Berbasis
masalah Type STAD
v Metode :
Diskusi kelompok
E.
SUMBER
BELAJAR / MEDIA PEMBELAJARAN
® Sumber Belajar
Ѽ
Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas
XII karya
Tia MUtiara ,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman
62 - 66
Ѽ
Modul IPA SMK Kls XII Karya
Irwan, S.Hut,tahun 2012 ( Tidak Publikasi)
Ѽ
Internet
Tahap Kegiatan
|
Aktivitas Peserta didik / Guru
|
Alokasi Waktu
|
||
A
|
Pendahuluan
|
FASE I
(Menyampaikan Tujuan dan memotivasi peserta didik )
|
|
|
|
|
®
Salam ( berdo’a ) Religi
®
Mengabsen peserta didik Teliti
® Motivasi dan apersepsi
Bertanya kepada peserta didik
hal-hal yang berhubungan dengan materi
Ø “ Tahukah
kamu apa keseimbangan ? “
Ø “
Apakah yang kamu ketahui komponen ekosistem ? “
® Menuliskan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
|
B
|
Kegiatan Inti
|
FASE II Eksplorasi (Guru Menyampaikan Informasi )
|
40
menit
|
|
|
|
®
Menjelaskan materi Keseimbangan
Lingkungan secara singkat Berpikir Logis
® Menjelaskan garis
besar Langkah kegiatan diskusi kelompok demkrasi
®
Membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok secara klasikal dalam tatanan pembelajaran
kooperatif. Tanggung Jawab, demokratif dan komunikatif
®
Membagi peserta didik dalam kelompok , setiap
kelompok tediri dari 5 – 6 orang peserta didik
|
||
|
|
FASE III Elaborasi
( Membimbing kelompok Belajar
dan belajar dan presenrasi hasil diskusi )
|
||
|
|
® Guru Membagikan
LKPD 01/ KD.3.2 /XII.2/ SMKN 3 BTG
® Guru membimbing peserta didik dalam kelompok
melakukan diskusi tentang keseimbangan
lingkungan berpikir logis dan bertanggung Jawab
® Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya
kedalam LKPD Teliti
® Setelah selesai mengerjakan LKPD setiap kelompok
dipersilahkan untuk mempersentasekan Hasil kegiatannya. Tanggung jawab, komunikatif
® Kelompok lainnya menanggapi hasil presentase Berpikir Logis, demokratik , peduli sosial
|
||
|
|
FASE IV Konfirmasi (Evaluasi)
|
||
|
|
® Memberikan penjelasan tambahan (Jika terjadi perbedaan pendapat dalam
didkusi kelas) berpikir logis dan tanggung Jawab, Peduli Sosial
® Guru memberikan tes dengan memberikan pertanyaan
kepada peserta didik secara lisan
terkait dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai teliti
® Bersama – sama membuat kesimpulan/rangkuman hasil
belajar
Ø Keseimbangan Lingkungan
1.
Interaksi
antar komponen ekosistem dalam menjaga Keseimbangan Lingkuang
2.
Suksesi
a. Suksesi Primer
b. Suksesi sekunder
c. Komunitas klimaks
|
||
C
|
Kegiatan Akhir
|
FASE V Penutup ( Memberikan Penghargaan ))
|
10 menit
|
|
|
|
® Kepada peserta didik atau kelompok peserta didik
yang bagus diberi penghargaan berupa Pujian Tanggung Jawab
® Kelompok yang kurang bagus diberi semangat atau
motivasi agar apat meningkatkan lagi
dari hasil yang telah dicapainya Tanggung Jawab
® Mengaktifkan peserta didik untuk berlatih dirumah
menyelesaikan soal – soal dari buku paket Tanggung Jawab,gemar membaca dan rasa
ingin tahu
® Menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya Tanggung Jawab,gemar membaca dan rasa ingin tahu
® Membaca do’a bersama sesuai keyakinan masing-masing religi
® Salam penutup religi
|
||
G. PENILAIAN
1.
SOAL
NO
|
INDIKATOR
|
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
1
|
Berfikir logis dalam menjelaskan pentingnya menjaga
keseimbangan lingkungan
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian
|
Tuliskan pernertian daya
dukung lingkungan
|
2
|
Berfikir logis menjelaskan bentuk interaksi antarkomponen
ekosistem dalam menjaga keseimbangan lingkungan
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian
|
Tuliskan 2 macam suksesi
|
2.
KUNCI JAWABAN
KUNCI JAWANAN
|
||
SOAL
|
JAWABAN
|
SKOR
|
Tuliskan pernertian daya
dukung lingkungan
|
Kemampuan untuk mendukung
kelangsungan hidup makhluk hidup yang berada di dalam lingkungan
|
2
|
Tuliskan 2 macam suksesi
|
1. Suksesi Primer
2. Suksesi Sekunder
|
1
1
|
3. PEDOMAN PENSKORAN
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maximal
|
Skor Perolehan
|
1
|
Jawaban benar
|
2
|
2
|
|
Kurang benar
|
|
1
|
|
Salah
|
|
0
|
2
|
Jawaban benar
|
4
|
4
|
|
Kurang benar
|
|
1
|
|
Salah
|
|
0
|
Skor
Perolehan Skor Maximal
|
x 100
|
SKOR
SEBENARNYA = (Skor Perolehan / Skor Maksimal ) x 100
|
Bantaeng,
Januari 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
Drs. Andi Baso Irwan,
S.Hut
Nip. 19551231 198503 1 110 Nip. 19730509 200701 1
014