Rabu, 15 Mei 2013

INTERAKSI DALAM EKOSISTEM



A.    INTERAKSI DALAM EKOSISTEM
1.      INTERAKSI  ANTARKOMPONEN BIOTIK 
      Interaksi antarkomponen biotik merupakan interaksi yang terjadi antarpopulasi organism yang          menyusun ekosistem. Beberapa tipe interaksi antarkomponen biotik, yaitu mutualisme, komensalisme, alelopati, predasi, kompetisi, dan parasitisme.

a.     Mutualisme
Mutualisme merupakan bentuk hubungan atau interaksi antarorganisme dari dua spesies yang berbeda yang saling menguntungkan. Contoh hubungan mutualisme adalah semut dengan aphid. Semut melindungi aphid  dari pemangsanya, sedangkan aphid memberikan cairan sejenis madu kepada semut.
Contoh lain :
®    bunga dengan lebah.
®    Jamur dengan akar tumbuhan membentuk mikoriza

b.    Komensalisme
Komensalisme merupakan bentuk hubungan atau interaksi antarorganisme dari dua spesies yang bebeda, yang mana hanya satu organism saja yang memperoleh keuntungan sedangkan yang lainya tidak terpengaruh. Contoh hubungan antara ikan remora dengan ikan hiu;
Contoh lain :
®    tanaman anggrek yang tumbuh secara epifit pada batang pohon.

c.     Alelopati
Alelopati  adalah hubungan atau interaksi antaraorganisme, yang mana keberadaan satu organisme dapat menghambat pertumbuhan atau perkembangan organism lainya melalui pelapisan toksin atau racun. Tanaman pinus misalnya, menyekresikan zat yang menyebabkan tanah disekitarnya menjadi terlalu asam untuk pertumbuhan tanaman jenis lanya.


 
d.    Predasi
Predasi adalah hubungan atau interaksi antarorganisme yang mana satu organism memakan organisme lainya. Organisme yang memakan disebut Predator sedangkan yang dimakan  disebut Mangsa.
Contoh  :
®    Beruang memakan ikan salmon
®    Singa memakan Zebra
®    Kuda memakan rumput
®    Ular dengan tikus
 
e.     Kompetisi
Adanya persaingan untuk mendapatkan sumber yang terbatas terjadinya hubungan atau interaksi dalam bentuk Kompetisi.
Kompetensi terbagi atas dua yaitu :
1.      Kompetisi Intraspesifik
Kompetisi yang terjadi antarindividu dari dua spesies yang sama.
Contohnya : persaingan tanaman jagung dalam mendapatkan nutrisi dalam tanah melalui akarnya.
2.      Kompetisi Interspesifik
Kompetisi yang terjadi antarindividu dari dua spesies yang berbeda jenis.
Contonya : persaingan kuda dan sapi dalam memperoleh rumput dalam wilayah yang sama

f.     Paraitisme
Paratisme adalah hubungan antarorganisme berbeda spesies, yang mana satu jenis organism (parasit) hidup bersama atau menumpang dengan organisme lainya (inang) dan menimbulkan kerugian bagi organism yang ditumpanginya. Contoh cacing pita hidup dengan cara mnempel pada alat pencernaan inangnya, kemudian menyerap makanan yang dicerna oleh inangnya.
Organisme parasite yang menyebabkan sakit pada inangnya disebut Patogen



2.      INTERAKSI  ANTARKOMPONEN BIOTIK DENGAN KOMPONEN ABIOTIK
Interaksi antar komponen biotik dengan komponen abiotic terjadi karena komponen biotik dalam suatu ekosistem akan dipengaruhi oleh kondisi abiotiknya
Kemampuan hidup organisme pada kondisi lingkungan  tertentu disebut Rentang Toleransi. Setiap pupulasi dalam ekosistem mempunyai rentang toleransi yang berbeda terhadap variasi kondisi lingkungan.
Hukum Toleransi menyatakan bahwa keberadaan, kelimpahan dan penyebaran spesies tertentu dalam suatu ekosistem ditentukan oleh satu atau lebih factor fisik dan kimia lingkungan yang masih bisa ditoleransi oleh spesies  tersebut.
Setiap spesies dalam ekosistem mempunyai Batas Toleransi yaitu batas minimum dan maksimum kondisi fisik dan kimia lingkungan untuk bertahan hidup, misalnya lumut membutuhkan kondisi lingkungan yang lembab dan kattus membutuhkan kondisi lingkungan yang kering sehingga setiap organisme mempunyai rentang toleransi yang berbeda.
Organisme pada ekosistem akuatik juga mempunyai factor pembatas, yaitu suhu, cahaya matahari, oksigen terlarut dan nutrisi. Faktor pembatas lainnya adalah Salinitasi yaitu jumlah mineral anorganik atau garam yang terlarut pada air. Air laut mempunyai kandungan garam 3,4 %. Jika kandungan garam meningkat hingga 6 %, maka seluruh organisme di laut kecuali beberapa bakteri Archebacteria akan mati.

uji kompetensi :
1.      Apa yang dimaksud dengan interaksi dalam ekosistem ? ( skor 2 )
2.      Tuliskan dan jelaskan interaksi yang teraksi antarpopulasi dalam ekosistem ?
3.      Jelaskan jenis interaksi antar antar manusia dengan bakteri E. coli di saluran pencernaannya ?
4.      Mengapa makhluk hidup membutuhkan kondisi lingkungan yang berbeda – beda untuk bertahan hidup ?
5.      Tuliskan pengertian factor pembatas ?
6.      Tuliskan bunyi Hukum Toleransi
 






 










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar